Assalamualaikum Wr.Wb.

Pertemuan kali ini adalah pertemuan ke 14, yaitu pertemuan terahir menjelang UAS, sehingga anda harus memahami seluruh materi yang telah disampaikan

Materi kuliah dari awal harus anda fahami dan anda kembangkan nalar anda, materi sejak pertemuan ke 9 s.d hari ini, yaitu :

1.Etika Profesi, 2.Kode Etik Jurnalistik, etika profesi,3. etika komunikasi, kekerasan dalam media dan cybercrime dan anda harus melatih diri dengan menjawab berbagai Kuis untuk latihan.

HARUS DIINGAT BAHWA Untuk mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan cybercrime / Cyberbullying maka dibuatlah “cyberlaw” di Indonesia  yang merupakan “payung hukum” yaitu UU No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Selamat Belajar dan berlatih untuk UAS

KUIS UNTUK LATIHAN MENJAWAB UAS

SOAL FILSAFAT DAN ETIKA KOMUNIKASI 2023

 

1.       Berikan salah satu contoh kasus demagogi Politik (Pemimpin yg menyesatkan dan membingungkan)

2.       Menurut anda bagaimana cara memberikan informasi yg menyejukkan untuk mengajak khalayak membantu MENSUKSESKAN KEGIATAN Pesta Demokrasisasi, (Penyelenggaraan Pemilu yg baik)

3.       Dalam kode etik jurnalistik, jurnalis dituntut untuk dapat membedakan fakta dan opini. Berikan contoh masing-masing  . 

4.       Carilah satu berita yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik, jelaskan apa kesalahannya, dan mengapa berita tersebut dikatakan tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik? 

5.       Dari berita yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik yang Anda temukan (berkaitan dengan soal nomor (2), apa yang seharusnya dilakukan agar berita tersebut dapat dipublikasikan?

6.       Kemukakan pendapat anda tentang implementasi Etika Pers dalam realitas sehari-hari

7.       Berikan satu kasus pelanggaran Privasi tang anda temukan dalam media 

8.       Pers tidak menyiarkan informasi dan produk visual yang diketahui menghina/melecehkan  perempuan,   berikan salah satu contoh kasus berita pornografi